Juni 12, 2004

baiklah, kuceritakan semua padamu

ketika lelah singgah dan mengisi seluruh ruang sempit dalam batok kepalamu, apa yang akan kau lakukan?
bagiku, perjalanan adalah satu-satunya cara menghilangkan makhluk kebosanan yang setia datang disaat rutinitas hampir-hampir membuat kita mati dalam kebosanan. begitulah semuanya dimulai...

perjalananku kali ini ke arah timur adalah dengan niatan melenyapkan seluruh penat yang bercokol. berisik dalam otak, menyatu dalam pikiran. arah timur, seakan-akan aku memburu matahari terbit mungkin. entahlah.. tapi untuk saat ini timur mungkin lebih baik.

dan JOGJA adalah tujuan utamaku.
rasanya mungkin akan lain ketika menemukan wajah-wajah baru dalam memori jiwamu. berkenalan dan bercerita dengan wajah-wajah asing yang sebelumnya mungkin tak pernah melintas dalam mimpimu. memang, tidak semuanya berwajah asing. ada wajah-wajah yang memang sudah terbingkai dalam album kenangan, tapi ini pertemuan yang mengejutkan, yang mampu membangkitkan kebahagiaan yang tiba-tiba dalam dada.

KALIURANG menjadi sangat indah. padahal setahun yang lalu, hampir seharian disana. tapi kok kaliurang yang sekarang lain ya? membawa pesona aneh. memberikan nuansa yang mistik. apa gara-gara ada yang setia melantunkan dongeng-dongeng misteri ditelinga saya? entahlah.. yang jelas, kaliurang semakin memikat. dan tepat, ketika perjalanan akan diakhiri, seseorang datang menawarkan perjalanan baru. perjalanan yang akan membuat adrenalin kita terpacu seribu kuda. dan aku tanpa ragu, mengiyakan.

puncak MERBABU adalah tujuan utama perjalanan berikutnya. dengan letih yang tak terkira, karena hampir semua tenaga terkuras semua, pelan tapi pasti, puncaknya semakin nyata terlihat. tertatih-tatih aku melangkah, ini pendakian yang melelahkan sekaligus menegangkan. tepat saat matahari muncul dari arah timur, puncak MERBABU akhirnya tercapai juga. angin menyambut kami dengan seribu ciuman yang bertubi-tubi. bertubi-tubi. dan lewatnyalah, kutitipkan rindu ini, padamu. hanya padamu!